Tuesday, January 18, 2011

Selayang Pandang SEKOLAH TINGGI MISSIOLOGIA YOGYAKARTA

Selayang Pandang
SEKOLAH TINGGI MISSIOLOGIA YOGYAKARTA.

PENGERTIAN:

Sekolah Tinggi Missiologia Yogyakarta (STMiss-Yogyakarta) adalah suatu lembaga pendidikan iman Kristen yang bersifat internal (antar kalangan sendiri) dan interdenominasi (antar denominasi gereja).
Para civitas akademika adalah utusan lembaga atau organisasi gereja untuk mendapatkan pendidikan pelayanan khusus dibidang missi baik teori maupun terapan dengan azas Alkitabiah, Injili dan Missioner.
Proses belajar mengajar adalah proses yang dilakukan oleh STMiss dalam melengkapi Sumber Daya Manusia (SDM) yang diutus oleh lembaga atau organisasi gereja agar memiliki iman – wawasan – ketrampilan di bidang missi kekristenan.
Hasil pendidikan STMiss adalah pengakuan intern antara lembaga atau organisasi gereja yang mengutus dengan pihak STMiss.
STMiss adalah lembaga intern (untuk kalangan sendiri) yang semua bentuk hasil pendidikan akan diakui oleh lembaga pengutus dan lembaga mitra baik di dalam maupun luar negeri.yang menjadi jejaring STMiss.

TUJUAN:

Sekolah ini bertujuan untuk membantu dan mendukung gereja-gereja supaya bertumbuh dan berkembang dengan menggunakan konsep-konsep missi.
Cara operasional untuk mencapai tujuan ini adalah dengan jalan mendidik, melatih dan mempersiapkan hamba-hamba Tuhan dari berbagai denominasi gereja, kemudian hasilnya akan dikembalikan pada lembaga atau organisasi yang mengutus untuk melayani di lembaga atau organisasi gereja asal atau membuka sendiri lahan pelayanan atas pengutusan lembaga atau organisasi gereja.

LAPANGAN USAHA ALUMNI

STMiss mendidik – melengkapai - mempersiapkan para mahasiswa bukan untuk segmen formal, bukan untuk lembaga-lembaga pemerintah, melainkan lembaga-lembaga swasta, bukan lembaga-lembaga formal melainkan non-fotmal, BUKAN untuk mencari kerja, melainkan MEMBUKA lapangan kerja di ladang missi. Karena visi kami melihat bahwa di ladang missi “tuaian sudah menguning tetapi pengerja masih sedikit” dan visi kami melihat kondisi ladang missi seperti itu,

VISI & MISSI

Visi STMiss adalah:
Melihat: “Pada masa-masa yang akan datang, kekristenan di Indonesia akan bertumbuh melalui gereja-gereja/lembaga-lembaga Kristen yang missioner, untuk itu diperlukan hamba-hamba Tuhan khusus yang mendukung gereja-gereja/lembaga-lembaga Kristen agar tumbuh dan berkembang menjadi gereja/lembaga yang missioner”

Missi STMiss adalah:
Melakukan: “Di Indonesia harus didirikan sebuah sekolah hamba-hamba Tuhan yang terpanggil khusus dibidang missi dengan pengelolaan khas dan berkesinambungan dalam sistem kekeluargaan & gerejani. “Sekolah itu bernama SEKOLAH TINGGI MISSIOLOGIA bersifat interdenominasi, independent, intelektual dalam science & skill, fellowship”.

LEGALITAS:

Sekolah ini adalah suatu lembaga iman kristiani yang didirikan dengan akta notaris Hendrik Budi Untung Surya Bekti, S.H., M.M. No: 14 tgl. 6 Mei 2000 di Jogjakarta. Terdaftar pada Departemen Kehakiman Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jogjakarta No: 70 / VI / 2000 / Y, dilaporkan dan telah didata oleh Departemen Agama Kanwil DIY (STP No : Kw.12.7 / PP.00.11 / 2084 / 2006).
Terakreditasi sebagai anggota The Asian Network of Mission Centre (ANMC) Singapore yang berafiliasi dengan The World Evangelical Alliance Mission Commission (WEAMC) Singapore.
Sekarang STMiss dalam proses mendapatkan akreditasi dari Department of Education - Asia Evangelical Fellowship yang berkantor pusat di Australia.

LATAR BELAKANG SEJARAH:

Latar belakang sejarah sekolah ini dimulai oleh suatu visi yang diterima berturut-turut oleh Bp. Bambang Eko Putranto pada tahun 1995 sewaktu study di Faculty of Graduate School of World Mission, Changsin University, Seoul, Korea dan pada tahun 1996 sewaktu menjalankan tugas-tugas missi di China (RRC), visi itu memperlihatkan bahwa gereja-gereja di Indonesia hanya akan bertumbuh dan berkembang melalui gereja-gereja & lembaga-lembaga Kristen yang missioner.
Untuk mewujudkan visi tersebut, ia melaksanakan missi dengan mendirikan sebuah sekolah khusus di bidang missi yaitu SEKOLAH TINGGI MISSIOLOGIA (STMiss) Yogyakarta agar dapat menunjang gereja-gereja dan lembaga-lembaga Kristen supaya bertumbuh melalui jalur missi, yaitu menjadikan jemaat-jemaat bertumbuh dan berkembang sebagai jemaat yang missioner melalui para alumni STMiss.

SEJARAH & PERKEMBANGAN:

Pada tahun 1996, Bpk. Bambang Eko Putranto pulang dari menjalankan tugas-tugas missi di China (RRC), setelah beberapa saat menunggu waktu yang dari Tuhan, ia mendirikan sekolah ini dengan dukungan 9 hamba Tuhan dan lebih dari 60 mantan mahasiswa sebuah sekolah teologia yang pada waktu itu untuk sementara bernaung pada Yayasan Pendidikan Kristen Nasional (YPKN) hingga pada bulan Mei tahun 2000 terbentuklah yayasan yang khusus mengelola lembaga pendidikan ini yaitu Yayasan Sekolah Tinggi Missiologia Yogyakarta (YSTMY).
Visi telah tumbuh menjadi missi dan missi telah tumbuh menjadi history, bagai benih yang telah tumbuh, berkembang dan menghasilkan buah, demikianlah lembaga ini mulai menghasilkan lulusan hingga saat ini (Wisuda ke XIV) telah 468 alumni yang sekarang telah menyebar di berbagai tempat & pelayanan di Indonesia bahkan sebagai missionaris-missionaris ke mancanegara.

STMiss memandang bahwa gereja-gereja lokal adalah kampus missi yang paling tepat, oleh karena itu, hingga saat ini STMiss-Yogyakarta masih tetap menggunakan strategi Church Basic Campus, yaitu bermitra dan bekerjasama dengan gereja-gereja dan lembaga-lembaga Kristen dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada sebagai tempat proses belajar mengajar untuk pengembangan dan peningkatan SDM gereja-gereja dan lembaga-lembaga Kristen sebagai prinsip “dari Gereja untuk Gereja”.
Hingga saat ini tempat perkuliahan dibagi dalam beberapa wilayah yaitu; Wilayah Yogyakarta, Solo, Magelang, Banten, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Jakarta dan melalui program OFSP (On Field Study Program) STMiss dapat menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia, mahasiswa dilayani – dibimbing - dipantau belajar di tempat pelayanan masing-masing oleh suatu tim khusus.

Mulai tahun 2001, STMiss-Yogyakarta telah membuka 3 macam jurusan :
1. Jurusan Missi Pertumbuhan Gereja : Menekankan proses pembelajaran missi kedalam gereja dengan konsentrasi untuk pelayanan pastoral (penggembalaan), pertumbuhan jemaat setempat dan pembentukan badan missi .
2. Jurusan Missi Lintas Budaya : Menekankan proses pembelajaran missi keluar gereja untuk pelayanan dan pembentukan utusan missi dengan penekanan Missi Lintas Budaya, Missi Pemberitaan Injil dan Missi Pendirian Jemaat.
3. Jurusan Missi Kaum Profesi : Menekankan proses pembelajaran missi khusus untuk menggalang kaum professional bisnis dalam berpartisipasi dalam melaksanakan missi melalui pembentukan dukungan pada usaha-usaha di bidang missi melalui profesionalime di bidang bisnis mereka masing-masing.

STATEMENT OF FAITH
SEKOLAH TINGGI MISSIOLOGIA YOGYAKARTA

1. Kami percaya pada Allah yang Kekal yang telah menyatakan diriNya sebagai Allah yang Esa dalam tiga pribadi yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus.

2. Kami percaya pada Alkitab sebagai Firman Allah yang tertulis dan berkuasa, diwahyukan oleh Roh Kudus, berisi missi Allah untuk menyelamatkan manusia dari kuasa dosa melalui pengorbanan Yesus Kristus anakNya, kami percaya Alkitab yang asli tidak mengandung kesalahan.

3. Kami percaya ke-ilahian Tuhan kami Yesus Kristus, pada kelahiranNya melalui seorang perawan, pada kehidupanNya yang tiada berdosa, pada mujizatNya, pada penebusan dosa melalui curahan darahNya, pada kebangkitan tubuhNya, pada kenaikanNya ke sebelah kanan Bapa, dan pada kedatanganNya kembali secara pribadi dalam kuasa dan kemuliaan.

4. Kami percaya pada keselamatan oleh anugerah Allah hanya melalui iman di dalam Yesus Kristus.

5. Kami percaya bahwa pertobatan dan kelahiran baru melalui iman pada Yesus Kristus adalah mutlak dan utama bagi keselamatan orang tersesat dan berdosa.

6. Kami percaya bahwa missi Pemberitaan Injil kepada semua bangsa sesuai dengan karunia-karunia Roh Kudus adalah aktivitas mutlak dan utama dalam kehidupan orang percaya.

7. Kami percaya pada kehadiran Kerajaan Allah di bumi saat ini dan beriman pada pembaruan yang lengkap atas Kerajaan Allah di masa yang akan datang.

8. Kami percaya pelayanan Roh Kudus saat ini yang tinggal di dalam diri umat Kristen memampukan untuk melaksanakan missi dan hidup secara kudus.

9. Kami percaya akan kebangkitan bagi semua yang diselamatkan maupun yang berdosa, mereka yang telah diselamatkan akan dibangkitkan untuk kehidupan yang kekal dan mereka yang berdosa akan dibangkitkan untuk penghukuman yang kekal.

10 .Kami percaya pada Gereja yang kudus sebagai Tubuh Kristus, kesatuan rohani orang-orang percaya di dalam Yesus Kristus, lembaga-lembaga lain yang terpanggil oleh Allah dimana Sekolah Tinggi Missiologia Yogyakarta adalah satu diantaranya untuk melayani di bidang missi..

PROGRAM ACADEMIC DEGREE YANG DISEDIAKAN

STMiss menyelenggarakan program perkuliahan Akademic Degree (Derajat Akademik) sbb:
1. Ijazah Missiologia Madya (IMM), setara Sekolah Menegah Ilmu Missi.
2. Diploma Missiologia (Dipl.Miss), setara Diploma Ilmu Missi 3 Tahun.
3. Sarjana Missiologia (S.Miss), setara Sarjana Ilmu Missi Strata Satu.
4. Master of Missiology (M.Miss) setara Sarjana Ilmu Missi Strata Dua.
5. Doctor of Missiologia (D.Miss) setara Sarjana Ilmu Missi Strata Tiga.

Program Doctor of Missiology (D.Miss) adalah program kemitraan yang diselenggarakan atas kerjasama STMiss dengan lembaga missi internasional yang menjadi mitra STMiss.

Disamping Akadermic Degree tersebut, STMiss menyediakan Profesional Degree yang terdiri dari:
1. L.M.C. (The Licentiate of the Missiological College).
2. A.M.C. (The Associate of the Missiological College).
3. F.M.C. (The Fellow of the Missiological College).

PROGRAM PROFESSIONAL DEGREE YANG DISEDIAKAN

Professional Degree adalah derajat profesi di bidang missi setelah mahasiswa menyelesaikan salah satu program Academic Degree..
Mulai tahun 2009, secara bertahap dosen STMiss adalah alumni yang memiliki Professional Degree saja yang berhak memberikan kuliah di STMiss (kecuali dosen tamu atau dosen luar biasa), sesuai dengan tradisi pendidkan internasional, STMiss membagi professional degree sbb:
1. L.M.C. (The Licentiate of the Missiological College).
2. A.M.C. (The Associate of the Missiological College).
3. F.M.C. (The Fellow of the Missiological College).

a. THE LICENTIATE OF THE MISSIOLOGICAL COLLEGE (L.M.C) dapat ditempuh bagi yang telah memperoleh S.Miss. + lulus menempuh training L.M.C di STMiss atau di suatu lembaga missi internasional.
b. THE ASSOCIATE OF THE MISSIOLOGICAL COLLEGE (A.M.C) dapat ditempuh bagi yang telah memperoleh Master of Missiology (M.Miss) + lulus menempuh training A.M.C di STMiss atau di suatu lembaga missi internasional.
.c. THE FELLOW OF THE MISSIOLOGICAL COLLEGE (F.M.C) dapat ditempuh bagi yang telah memperoleh Doctor of Missiology (D.Miss) + lulus menempuh training F.M.C di STMiss atau di suatu lembaga missi internasional.

BEA SISWA YANG DISEDIAKAN:

Bea siswa perkuliahan (tuition scholarship) diberikan kepada SEMUA MAHASISWA langsung berbentuk subsidi dengan cara perhitungan beaya kuliah serendah-rendahnya.

Bea siswa kuliah lanjutan ke luar negeri (abroad scholarship) hanya diberikan pada alumny yang memiliki kemauan & kemampuan study lanjut keluar negeri, nilai scores TOEFL minimal 600, dalam ikatan dinas dengan STMiss, bea siswa ini diberikan atas kerjasama dengan lembaga missi internasional yang menjadi mitra STMiss.

MENGAPA MISSIOLOGIA:

Bukan “theologia” melainkan “missiologia”, mengapa ?

Karena kami terpanggil melayani Tuhan Yesus melalui jalur missi, karena kami terpanggil untuk mewarisi semangat missioner dari gereja-gereja abad permulaan.
Karena kami memandang bahwa kekristenan di Indonesia bersifat pasif alias “hanya menerima” missionaris dari mancanegara, kami memandang bahwa hal ini telah me”nina-bobokkan” gereja-gereja di Indonesia, padahal visi yang kami terima menunjukkan bahwa hanya gereja-gereja yang missioner-lah yang akan terus bertumbuh dan berkembang secara Alkitabiah, karena kami memiliki visi dan keyakinan bahwa sekarang adalah saat untuk bangkit menjadikan gereja-gereja kita sebagai gereja-gereja yang missioner, yaitu gereja-gereja Indonesia yang mengutus dan melakukan missi.
Karena kami meyakini bahwa thema utama Alkitab adalah missi Allah untuk meyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus, Kedatangan Yesus kedunia adalah untuk melaksanakan missi BapaNya, Perjanjian Baru adalah perintah Allah untuk melaksanakan missi pemberitaan Injil, gereja-gereja pada awalnya adalah gereja-gereja yang missioner, umat Kristen pada awalnya adalah umat yang missionaris dan karena kami menyimpulkan bahwa inti kekristenan adalah missi

Itulah sebabnya lembaga kami menggali & mempelajari missi secara khusus dan mendalam untuk mendidik & memperlengkapi hamba-hamba Tuhan khusus dibidang missi melalui lembaga pendidikan SEKOLAH TINGGI MISSIOLOGIA YOGYAKARTA ini.
KURIKULUM

STMiss-Yogyakarta memakai sistem SKS murni dalam perkuliahannya, mahasiswa program Diploma dituntut menyelesaikan 120 SKS, Sarjana 160 SKS (40 SKS sesudah Diploma), Magister 50 SKS sesudah sarjana ditambah menulis sebuah thesis missi, Doctor 6 Paket atau menyesuaikan dengan lembaga kerjasama internasional.

Mata kuliah yang disediakan untuk study mahasiswa (mulai tahun 2005) sbb:
A. Mata Kuliah OBLIGATION.
B. Mata Kuliah MISSI
C. Mata Kuliah NON-MISSI

MATA KULIAH OBLIGATION (REQUISIT)
Adalah mata kuliah dasar-dasar Ilmu Missi yang WAJIB DITEMPUH oleh semua mahasiswa (program Diploma, Sarjana & Master) sebanyak 30 SKS yaitu:

01. Missio Elemental (2 SKS).
02. Wawasan Missi Kampus (2 SKS)..
03. Missio Tasca (2 SKS).
04. Pengantar Missiologia (2 SKS)..
05. Missi Pertumbuhan Gereja I - Dasar (2 SKS).
06. Missi Lintas Budaya I - Dasar (2 SKS)..
07. Missi Kristen & Interaktif (14 SKS)..
08 Kuliah Umum Missiologia (4 SKS).

MATA KULIAH MISSI
Untuk Program Diploma Missiologia & Sarjana Missiologia. Peserta Program Diploma harus menempuh dengan MEMILIH minimal sebanyak 60 SKS, Sarjana harus menempuh dengan MEMILIH minimal sebanyak 90 SKS dari mata kuliah berikut ini.

01. Apologetika Missi (2 SKS)
02. Azas-Azas Missi (2 SKS)
03. Bahasa Inggris utk Missionaris (4 SKS)
04. Bibliologi Missi I – Missio Perjanjian Lama (3 SKS).
05. Bibliologi Missi II – Missio Perjanjian Baru (3 SKS).
06. Bibliologi Missi III – Missio Sejarah (3 SKS).
07. Bibliologi Missi IV – Missio Masa Antara (3 SKS).
08. Bimbingan & membuat Thesis Missi 6 SKS
09. Bimbingan Missi Andreas (2 SKS).
10. Bimbingan Praktek Missi (4 SKS).
11. Dasar Alkitabiah Ilmu Missi. (3 SKS).
12. Komunikasi Missi 2 SKS
13. Konsep-konsep Missi 2 SKS
14. Loukan Missiology (Missiologia Lukas) 3 SKS
15. Manajemen Gereja (2 SKS)
16. Manajemen Missi (2 SKS)
17. Mattew Missiology (Missiologi Matius) 3 SKS
18. Missi & Teologi Injili (3 SKS)
19. Missi Abad 21 (3 SKS)
20. Missi Andreas (2 SKS)
21. Missi Bawah Tanah (2 SKS)
22. Missi Kaum Profesi I – Wawasan Ekonomi (3 SKS)
23. Missi Kaum Profesi II – Wawasan Wiraswasta (3 SKS)
24. Missi Kesehatan Masarakat I – Penyuluhan Kesehatan (4 SKS)
25. Missi Kesehatan Masarakat II – Penyembuhan Metode Herbal (4 SKS).
26. Missi Kesehatan Masarakat III – Penyembuhan Metode Acupunctur (4 SKS).
27. Missi Kontekstual (2 SKS).
28. Missi Lintas Budaya I – Dasar (2 SKS)
29. Missi Lintas Budaya II – Mayor (3 SKS)
30. Missi Era Modern & Posmodern (4 SKS)
31. Missi Pembelajaran Agama (3 SKS)
32. Missi Pembelajaran Alkitab (3 SKS)
33. Missi Pemberitaan Injil (3 SKS)
34. Missi Pemberitaan Kerajaan Allah (4 SKS)
35. Missi Pemuridan (4 SKS)
36. Missi Pendidikan Keluarga (3 SKS)
37. Missi Pendirian Jemaat (3 SKS)
38. Missi Pengajaran Tuhan Yesus (3 SKS)
39. Missi Penggembalaan (2 SKS)
40. Missi Pertumbuhan Gereja I - Pengantar (2 SKS)
41. Missi Pertumbuhan Gereja II - Mayor (3 SKS)
42. Missi Pertumbuhan Gereja III – Komsel (2 SKS)
43. Missio Dei & Missio Eklesia (4 SKS)
44. Missio Heliks (3 SKS)
45. Missiologia Frontier (4 SKS)
46. Missiologia Praktika (2 SKS)
47. Missiologia Resistancy (3 SKS)
48. Mission Leadership (2 SKS)
49. Missio Taska (2 SKS)
50. Momentum-momentum Missi (4 SKS)
51. Paradigma Missi (3 SKS)
52. Pendekatan Missi Melalui Perdagangan (4 SKS)
53. Pendekatan Missi Melalui Pertanian & Perkebunan (4 SKS)
54. Pendekatan Missi thd. Agama Hindu & Budha (4 SKS)
55. Pendekatan Missi thd. Agama Islam (4 SKS)
56. Pendekatan Missi thd. Agama Khonghucu & Tao (4 SKS)
57. Pendekatan Missi thd. Agama Suku & Kebatinan (4 SKS)
58. Pendekatan Missi thd. Masarakat Transmigrasi & Pedesaan (4 SKS)
59. Pendekatan Missi thd. Masarakat Urban & Perkotaan (4 SKS)
60. Peta & Demografi Missi (2 SKS)
61 Sejarah Missi (4 SKS)
62. Seminar & Retret Missi (4 SKS)
63. Strategy Missi.(2 SKS)
64. Struktur Missi (2 SKS)
65. Teologia Missi (2 SKS)
66. Terminologi Missi (4 SKS)
67. Training Missi Lintas Budaya Pendirian Jemaat (8 SKS)
68. Wawasan Teologi Missi 2 SKS.
69. Missio Stewardship (2 SKS)
70. Missio Hodegosia (2 SKS).
71. Missio Agonizoma (2 SKS)
dsb.

MATA KULIAH NON-MISSI
Adalah mata kuliah yang mendukung study missi secara tidak langsung berupa mata kuliah biblical , teologia, social, ekonomi, sejarah, budaya, dsb. Diploma harus menempuh dengan MEMILIH minimal sebanyak 30 SKS, Sarjana harus menempuh dengan MEMILIH minimal sebanyak 40 SKS.

01. Antropologi Budaya (2 SKS)
02. Bahasa Daerah - Metode Menguasai Bahasa Daerah (2 SKS).
03. Bahasa Ibrani I – Pengantar (2 SKS)
04. Bahasa Ibrani II – Lanjutan (2 SKS)
05. Bahasa Inggris I - Elementary Conversation (2 SKS)
06. Bahasa Inggris II - Intermediate Conversation (2 SKS)
07. Bahasa Inggris III – Advance Conversation (2 SKS)
08. Bahasa Tionghwa (Mandarin) I – Pengenalan (2 SKS)
09. Bahasa Tionghwa (Mandarin) II – Percakapan Umum (2 SKS)
10. Bahasa Tionghwa (Mandarin) III – Percakapan Khusus (2 SKS)
11. Bahasa Yunani I - Introduksi (2 SKS)
12. Bahasa Yunani II – Elementary (2 SKS)
13. Bahasa Yunani III- Intermediate (2 SKS)
14. Bahasa Yunani IV – Advance (2 SKS)
15. Dogmatika I – Teologia Proper (2 SKS)
16. Dogmatika II – Kristologi (2 SKS)
17. Dogmatika III – Pneumatologi (2 SKS)
19. Dogmatika IV – Bibliologi (2 SKS)
19. Dogmatika IX – Hamartologi (2 SKS).
20. Dogmatika V – Antropologi (2 SKS)
21. Dogmatika VI – Ortodoksi (2 SKS)
22. Dogmatika VII – Ekklesiologi (2 SKS)
23. Dogmatika VIII – Eskhatologi (2 SKS)
24. Dogmatika X – Soterologi (2 SKS)
25. Dogmatika XI – Satanologi (2 SKS)
26. Dogmatika XII – Angelologi (2 SKS)
27. Ekumenika (2 SKS).
28. Etika I – Umum (2 SKS)
29. Etika II – Khusus (2 SKS)
30. Etika III – Seksual (2 SKS)
31. Filsafat Indonesia (2 SKS)
32. Hermeneutika – Metode Mempelajari Alkitab (2 SKS).
33. Homiletika I – Mempersiapkan Khotbah (2 SKS)
34. Homiletika II – Menyampaikan Khotbah (2 SKS)
35. Ilmu Budaya Dasar (2 SKS)
36. Ilmu Hukum & Politik Dasar (2 SKS)
37. Ilmu Sosial Dasar (2 SKS)
38. Sejarah Gereja I – Umum (2 SKS).
39. Sejarah Gereja II – Indonesia (2 SKS).
40. Musik Gereja (2 SKS)
41. Oikumenika (2 SKS).
42. Pastoral I – Penggembalaan (2 SKS)
43. Pastoral II - Konseling Dasar (2 SKS)
44. Pastoral III - Konseling Khusus (2 SKS).
45. Pendidikan Agama Kristen (PAK) I – untuk Anak-anak (2 SKS)
46. Pendidikan Agama Kristen (PAK) II – untuk Pemuda / Remaja (2 SKS)
47. Pendidikan Agama Kristen (PAK) III – untuk Dewasa / Umum (2 SKS)
48. Pernikahan Kristen I – Konsep Umum (2 SKS)
49. Pernikahan Kristen II – Problem Khusus (3 SKS)
50. Pengantar Perjanjian Baru (2 SKS)
51. Pengantar Perjanjian Lama (2 SKS)
52. Peta Budaya Indonesia / Demografi Missi Indonesia (2 SKS)
53. Sejarah Budaya Indonesia (2 SKS)
54. Tafsir Perjanjian.Baru I - Injil (2 SKS)
55. Tafsir Perjanjian.Baru II – Kisah Para Rasul (2 SKS).
56. Tafsir Perjanjian.Baru III – Surat-surat Paulus (2 SKS)
57. Tafsir Perjanjian.Baru IV – Surat-surat Umum(2 SKS)
58. Tafsir Perjanjian.Baru V – Wahyu (2 SKS)
59. Tafsir Perjanjian.Lama I - Kitab Sejarah (2 SKS).
60. Tafsir Perjanjian.Lama II - Kitab Syair (2 SKS).
61. Tafsir Perjanjian.Lama III - Kitab Torat (2 SKS)
62. Tafsir Perjanjian.Lama IV - Nabi-nabi Besar (2 SKS)
63. Tafsir Perjanjian.Lama V - Nabi-nabi Kecil (2 SKS)
64. Teologia Perjanjian Baru (2 SKS)
65. Teologia Perjanjian Lama (2 SKS).
66. dll.

MATA KULIAH PROGRAM M.Miss (Master of Missiology)
Mahasiswa Magister (S2) harus menempuh dengan MEMILIH minimal sebanyak 40 SKS dari mata kuliah berikut:

01. Apologetika Missi (3 SKS)
02. Azas-azas Missi Lanjutan (3 SKS)
03. Bimbingan Missi Andreas (2 SKS)
04. Komunikasi Missi (3 SKS)
05. Kontekstualisme Missi (3 SKS)
06. Literatur Missi (3 SKS)
07. Metodologi Riset Missi (3 SKS)
08. Missi Abad 21 (3 SKS)
09. Missi Ekumenikal (3 SKS)
10. Missi Era Modern & Posmodern (3 SKS)
11. Missi Konsep Evangelikal/Injili (3 SKS)
12. Missi Konsep Fundamental (3 SKS)
13. Missi konsep Liberal (3 SKS)
14. Missi Konsep Lukas & KPR (3 SKS)
15. Missi Konsep Matius (3 SKS)
16. Missi Konsep Paulus (3 SKS)
17. Missi Lintas Budaya II - Mayor (3 SKS)
18. Missi Pertumbuhan Gereja II - Mayor (3 SKS)
19. Missi Pertumbuhan Gereja III – Komsel (3 SKS)
20. Missio Heliks (3 SKS)
21. Missiologia Frontier (3 SKS)
22. Mission Leadership (3 SKS)
23. Paradigma Missi (3 SKS)
24. Pendekatan Missi thd. Masarakat Trans & Pedesaan Lanjutan (3 SKS)
25. Pendekatan Missi thd. Masarakat Urban & Perkotaan Lanjutan (3 SKS)
26. Pengantar Missiologia (Lanjutan) (3KS)
27. Seminar-seminar & Trainnng Missi (3 SKS)
28. Sinomissiology (3 SKS)
29. Teologia Missi Lanjutan (3 SKS)
30. Terminologi Missi (4 SKS)
31. Transformasi Metode Missi (3 SKS)
32. dll.

Mahasiswa Magister wajib menulis THESIS MISSI, mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan S1 sekuler diwajibkan menambah beberapa perkuliahan DOGMATIKA & BIBLIOLOGI.yang rinciannya akan ditentukan oleh bidang akademik.

PROGRAM D.Miss (Doctor of Missiology).

STMISS-YOGYAKARTA bekerja sama dengan lembaga-lembaga missi internasional yang meyelenggarakan program Doktor di bidang Missi,

Perkuliahan khusus untuk Program D.Miss. dilakukan dengan System Paket (terdiri dari 6 paket perkuliahan missi), mahasiswa harus menempuh selama 6 semester (3 tahun) dengan tatap muka (seminar & block teaching) yang diadakan di Jogja setiap semester + Kuliah Antara (Peer Group) setiap triwulan , Paket perkuliahan tersebut adalah:
1. Paket I (MISSIO BASICA)
2. Paket II (MISSIO BIBLICA).
3. Paket III (MISSIO CULTURA).
4. Paket IV (MISSIO EKLESIASTICA).
5. Paket V (MISSIO HISTORICA)
6. Paket VI (MISSION DISSERTATION PROJECT)

1. Paket I (MISSIO BASICA) selama 1 semester.
1. Pengantar Missiologia (sebagai rekontruksi I).
2. Azas-azas Missi (sebagai rekontruksi II).
3. Missio Elemental (sebagai rekontruksi III).
4. Missio Tasca (sebagai rekontruksi IV).
5. Missio Basica sebagai (kuliah utama)
6. Suplemen Wawasan Missio Basica.
7. Menulis Thesis I (Thesis Missio Basica)

2. Paket II (MISSIO BIBLICA) selama 1 semester.
1. Bibliologi Missi PL (sebagai rekontruksi I).
2. Bibliologi Missi PB (sebagai rekontruksi II).
3. Bibliologi Missi Historis (sebagai rekontruksi III).
4. Dasar Alkitabiah Ilmu Missi (sebagai rekontruksi IV).
5. Missio Biblica (sebagai kuliah utama).
6. Suplemen Wawasan Missio Biblica.
7. Menulis Thesis II (Thesis Missio Biblica)

3. Paket III (MISSIO CULTURA / PRACTICA) selama 1 semester.
1. Missi Lintas Budaya (sebagai rekontruksi I).
2. Missi Lintas Budaya Mayor (sebagai rekontruksi II).
3. Missiologia Frontier (sebagai rekontruksi III).
4. Missi Bawah Tanah (sebagai rekontruksi IV).
5. Missio Cultura (sebagai kuliah utama).
6. Suplemen Wawasan Missio Cultura
7. Menulis Thesis III (Thesis Missio Cultura)

4. Paket IV (MISSIO EKLESIASTICA). selama 1 semester.
1. Missi Pertumbuhan Gereja (sebagai rekontruksi I).
2. Missi Pertumbuhan Gereja Mayor (sebagai rekontruksi II).
3. Missi Menjadikan Gereja Missioner (sebagai rekontruksi III).
4. Missi Penggembalaan (sebagai rekontruksi IV).
5. Missio Ecclesiastica (sebagai kuliah utama).
6. Suplemen Wawasan Missio Ecclesiastica
7. Menulis Thesis IV (Thesis Missio Ecclesiastica)

5. Paket V (MISSIO HISTORICA) selama 1 semester.
1. Momentum-momentum Missi (sebagai rekontruksi I).
2. Paradigma Missi (sebagai rekontruksi II).
3. Strategy Missi (sebagai rekontruksi III).
4. Transformasi Metode Missi (sebagai rekontruksi IV).
5. Missio Historica (sebagai kuliah utama).
6. Suplemen Wawasan Missio Historica.
7. Menulis Thesis V (Thesis Missio Historica).

6. Paket VI (MISSION DISSERTATION PROJECT) selama 1 semester.+ SEMINAR-SEMINAR MISSI yang diselenggarakan oleh STMiss.
1. Seminar & Bimbingan penulisan Dissertasi
2. Penulisan Dissertasi
3. Ujian Kelayakan Dissertasi.
4. Ujian Kompherehensif & Mempertahankan Dissertasi
5. Perbaikan & Penyerahan Dissertasi
6. Wisuda

Bagi mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan S2 sekuler diwajibkan menambah PAKET MISSIO DOGMATIKA yang rinciannya sbb: mata kuliah Missio Dogmatika ini dapat disisipkan di tengah-tengah paket-paket perkuliahan tersebut,
.
Mahasiswa peserta program D.Miss adalah:
1. Alumni STMiss program Magister Missiologia yang telah melayani secara fulltime pada level middle - top management.
2, Alumni perguruan tinggi teologia atau seminary lainnya (non STMiss) yang telah menyelesaikan program Sarjana Strata Dua (S2) dan yang telah melayani secara fulltime pada level top management.

Penyelenggara Program D.Miss adalah Sekolah Tinggi Missiologia (STMiss) bekerjasama dengan beberapa lembaga missi baik di dalam maupun di luar negeri yang menjadi mitra STMiss.

MATA KULIAH TRANSFER

STMiss menerima mata kuliah transfer atau pindahan (hasil study seorang mahasiswa dari lembaga pendidikan lain) yang dipandang mata kuliah tersebut memiliki korelasi dengan mata kuliah di STMiss.
Untuk transfer mata kuliah, lembaga mahasiswa tersebut harus berasal dari lembaga pendidikan yang kualitasnya dikenal dan diakui oleh STMiss, dengan demikian akan dapat mempercepat proses belajar mengajar di STMiss.
Kuliah transfer hanya berlaku bagi program Diploma dan Sarjana, transfer TIDAK berlaku untuk program M.Miss (Master of Missiology) dan D.Miss.(Doctor of Missiology).

PERSYARATAN MENJADI MAHASISWA BARU

Persyaratan mutlak & utama untuk menjadi mahasiswa baru harus melalui rekomendasi seorang pengurus atau dosen atau alumnus STMiss.

Persyaratan administratif sbb:
1. Menulis surat permohonan pada ketua untuk menjadi mahasiswa STMiss.
2. Mengisi formulir calon mahasiswa baru (formulir disediakan).
3. Menyerahkan rekomendasi gereja/lembaga Kristen (formulir disediakan).
4. Menyerahkan rekomendari keluarga (formulir disediakan).
5. Menyerahkan copy ijzah pendidikan terakhir (dilegalisir).
6. Menyerahkan pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
7. Menyerahkan copy KTP atau kartu identitas lainnya.
8. Menyerahkan syarat mutlak & utama yaitu rekomendasi seorang pengurus atau dosen atau alumnus atau mahasiswa STMiss.
9. Mengumpulkan semua berkas diatas dalam sebuah map, serahkan pada sekretariat.

PERSYARATAN KELULUSAN

Penilaian hasil study dan keputusan bahwa seorang mahasiswa telah dinyatakan selesai dalam suatu program, sepenuhnya diputuskan oleh ketua setelah dipertimbangkan dengan dewan akademik dengan kriteria-kriteria sbb:

1. Jumlah SKS yang telah diselesaikan oleh seorang mahasiswa (Diploma 110 SKS, Sarjana 160 SKS atau 50 SKS sesudah Diploma + Praktek Pelayanan 2 Tahun, Magister 40 SKS sesudah Sarjana + Menulis sebuah Thesis Missi).

2. Nilai IP Rata-rata yang dicapai oleh seorang mahasiswa (Diploma minimal 2,3. Sarjana minimal 2,7. Magister minimal 3).

3. Record nilai yang diperoleh oleh seorang mahasiswa (Tiap semester tidak boleh memiliki nilai C atau dibawahnya).

4. Kondite kerajinan, kelakuan, kesetiaan pada STMiss (dinilai minimal B oleh ketua dan dewan akademik).

5. Missi Andreas yang dicapai oleh seorang mahasiswa (yaitu memuridkan seorang murid sebanyak minimal 1 orang).

ANGGOTA YAYASAN & PENGURUS AKADEMIK

Dibawah pengawasan Anggota Yayasan / Lembaga,Institusi, operasional STMiss-Yogyakarta dilaksanakan oleh Pengurus Akademik yang ditopang oleh staf dosen dan dibantu oleh IMDA (Ikatan Mahasiswa Dan Alumni).

PENGURUS YAYASAN / LEMBAGA STMiss.

Ketua : EDISON HP SIAHAAN, M.Miss ©
Sekretaris : MINNIE HENDARUWATI , S.Pd.
Bendahara : CH SUYADI, S.Miss.
Pembina : Pdt. YOHANES SIH NYOTO, M.Miss ©
Anggota Pembina : NANING SUNINGSIH, M.Miss ©
Pengawas : Pdt. STEFANUS NGATINA, M.Miss.
Anggota Pengawas :AGUS SUPRIYONO, M.Miss ©

STAF PENGURUS STMiss

Ketua : Dr. Bambang Eko Putranto, Th.M., Ph.D., D.Miss.
Penasehat : Pdt. Dr. Paulus Trimanto Wibowo, D.B.S., D.D., Th.D.
Penasehat Hukum: Harry Tanudjaja, S.H, M.H.
Humas : Pdt. Stefanus Ngatina, S.Miss.
Ketua Dewan Penyantun: Ny. Sherly Lindawati, S.E.
Sekretariat : Ny. Lidya Lifanti, M.Miss
Overseas Consultant : Rev. Lee Kyu-dae, M.Div, D.Min.
OFSP : Pdt. Yohanes Sihnyoto, S.Miss & Pdt. Stefanus Ngatina, M.Miss..
Pengadaan Modular: CH. Suyadi, S.Miss ©.
Pengembangan Akademik: Sukeri Notosuwignyo, M.Miss. D..Miss

STAF DOSEN

01. Bambang Eko Putranto, Th.M,. D.Miss, Ph.D. FMC
02. Pastor Abraham AH Sumarauw, D.Miss , LMC.
03. Pastor Danny Kastanya, D.Miss ©, LMC.
04. Ev. Lukas Yamin Sitaba, M.Miss, LMC.
05. Ev. Elisabet Sih Kawuryan, D.Miss, LMC.
06. Pdt, Trisnanto, M.Miss, LMC.
07. Ev. David Tawe, B.Sc, S.Miss, M.Miss ©
08. Pdt. Sukarnohadi, M.Miss, LMC.
09. Pdt. Lilik Sugiharto, D.Miss, LMC.
10. Ev. Ricky Muljoto, M.Miss , LMC.
11. Ev. David Ati Basri, M.Miss, LMC.
12 Ev. Henky Uneputy, M.Miss, LMC.
13. Ev. Sumanto Mardihutomo, D.Miss ©, LMC.
14. Ev. Suharto WR, M.Miss , LMC.
15. Pdt. Yohanes Sih Nyoto, M.Miss ©, LMC.
16. Pdt. Indra Susanto, M.Miss, LMC ©.
17. Ev. Sopater Sutejo, M.Miss, LMC ©.
19. Bpk. Yoedy Moegiharto, M.T, M.Miss.
20. Bpk. Sukeri Notosuwignyo, S.pd. M.Miss, D.Miss.
21. Ny. Lidya Lifanti, M.Miss
22. Ev. Satija Andreas, S.Miss
23. Pdt. Stefanus Ngatina, S.Miss, M.Miss
24. Ev. Drs. Satim Supardi, M.Miss.
25. Ev. Ir. Ari Suksmono, M.Miss.
26. Ev. Deltanto Kemat, S.Th, M.Miss.
26. Bpk. Muhamad. Besari S.Pd, M.Miss.
27. Pdt. Puji Sulistyanto, S.Th, M.Miss.
28..Pdt, Sugeng Sindhu Prajitno, S.Miss.
29. dr. Obaja Bambang Handoko, M.Si, D.Miss ©,
dll.

DOSEN LUAR BIASA

01. Pdt. Dr. Paulus Trimanto Wibowo, D.B.S., D.D., Th.D.
(Ketua Umum Gereja Jemaat Kristus Indonesia).
02 Rev. Prof. Dr. David L. Robbins, M.Div., D.Min.
(President of Advancing Indigenous Missions, Winnipeg, Canada).
03. Rev. Dr. Lee Kyu-Dae, M.Div, D.Min.
(Missionary of the Jangseok Presbyterian Church, Seoul, Korea & Director of Sumatra Mission Center, Palembang).
04. Rev. Prof. Dr. Rhee Young-Nam, M.Div. Th.D.
(Senior Pastor of the Jangseok Presbyterian Church & President of Tolgoji Missions College, Seoul, Korea).
05. Rev. Dr. Jonathan Cortes, B.Sc., MAURP., MACE.,
(Missionary of Bethesda Mission Church, Pasir Ris, Singapore)
06. Rev. Dr. Henry Armstrong .
(The Dean of Asia Cross Culture Training Institute, Singapore).
07. Pdt Dr. Hizkia Soewignjo, M.Div.
(ketua Yayasan Duta-duta Kristus Indonesia)
08. Pdt Dr. KH Soekamta, MA
(Pendeta Emeritus GKJ Sragen).

PENASEHAT HUKUM
Harry Tanudjaja SH, MH, D.Miss ©.

SEKRETARIAT & KONTAK PERSON

Wilayah Jogja
Ketua: Dr. Bambang Eko Putranto, Th.M., Ph.D., D.Miss,
Dibantu oleh: Ny. Lidya Lifanti, M.Miss, Ny. Mustikasari, S.Miss. dkk.
d/a Kricak Kidul TR I / 1237, Jogjakarta 55242.
Phone: (0274) 6848679. / 08121575328.
e-mail: stmiss@mail.com

Wilayah Magelang:
Ketua Mohamad Besari S.Pd, M.Miss.,
Dibantu oleh: Pdt. Petrus Timbang, S.Th. Sopater Sutedja, M.Miss, LMC ©. Pdy. Puji Sulistyanto, S.Th, M.Miss.
d/a Jl. Kyai Mojo No 2, Cacaban, Magelang.
Phone: (0293) 363340

Wilayah Banten:
Ev. Bambang Sentot CH, S.Miss.
Dibantu oleh: Ev. Bambang Pujianto, S.Miss. Diah Ayu Surya Dewi, S.Miss dkk.
d/a Perum Cibeber Kencana, Jl. Parkit Raya Blok B 27 No 17, Cilegon.42423.
Phone: (0254) 9108539 / 08161673091

Wilayah Surakarta (Regular)
Ketua Pdt. Dr. Lilik Sugiharto, S.Th., M.Miss.,
Dibantu oleh: Drs. Satim Supardi, M.Miss., Pdt. Sarwoko, M.Miss., Pdt. Paulus Purwoto, M.Miss.dkk.
d/a SD Negeri, Nayu Barat I, Banjarsari, Surakarta.
Phone: (0271) 727883, HP 081548542048

Wilayah Surakarta (OFSP)
Ketua: Dr. Elisabeth Sih Kawuryan, M.Miss.
Dibantu oleh: Suharto WR, M.Miss. D.Miss ©., dkk.
D/a Jl. Bido I No 35A, Gumunggung, RT02/III, Gilingan, Surakarta, 57134
Phone: (0271) 717822 / 0816672820

Wilayah Mojokerto
Pdt. Ayub S. Fanggidae, M.Miss, D.Miss ©.
Dibantu oleh: Ev. Yoel Malau S.Th, M.Miss © dkk.
Grya Bumi Wates Permai, Jl. Tengger I No 15, Mojokerto.
Phone: :(0321) 393170 / 08123163742

Wilayah Purworejo
d/a Tim OFSP Jogja.

Wilayah Bandung
d/a Tim OFSP Jogja.

Wilayah NTB & NTT
d/a Tim OFSP Jogja.

Wilayah Sidoarjo
Ketua Sumanto Mardihutomo, B.A., M.Miss., D.Miss., LMC
Dibantu oleh: Ev. Andreas Supriyanto, S.Th, M.Miss. D.Miss ©. M.Miss., D.Miss ©., Hengky Uneputty, S.E., M.Miss. D.Miss © LMC, dkk.
d/a Perum Pondok Jati AK-37, Sidoarjo 61252
Phone: (0318) 962636. HP 081331069037. Fax: (0318) 052035

Wilayah Surabaya (Barat)
Ketua: Ev. Lukas Yamin Sitaba, M.Miss. LMC
Dibantu oleh: Pdt. Yohanes Bako, S.Miss ©, Pdm Jufendi Atmowidjoyo, S.Miss ©, Pdm. Agus Alo Djogotuga, S.Th., M.Miss. S.Th, M.Miss.
d/a : Jl. Petemon IV No 31 B, Surabaya 60252.
Phone: 081559993925.

Wilayah Surabaya (Timur)
Keua:Pdt. Hizkia Sukarno hadi, S,Th, M.miss, LMC.
Dibantu oleh: dr. Obaja Bambang Handoko, M.Si, D.Miss ©, Ririn Itari, S.Pd. dkk.
d/a. Jl. Matgorejo Indah 115F/1, Surabaya.
OhoneL (031) 81818876.

Wilayah Bali: (Reguler)
Ketua: Pdt. Robert John Nahor, S.Miss.
Dibantu oleh: Pdt. Thomas Gutteres, M.Miss., D.Miss ©., Ev. Johny Wijaya, M.Miss, Ev. Rosiani, S.Miss, dkk.
d/a Jl, P. Moyo, Gg Capela No 3, Padungan, Denpasar – Selatan, Bali.
Phone: 0818569052

Wilayah Bali: (OFSP)
Ketua: Ev. Anastasia Hong, S.Miss, M.Miss ©. dkk.
Perum Puri Buana II, No A-7, Jl. Buana Raya – Padang Sambian, Bali.
Phone: 0818567891

Wilayah Jakarta
Ketua: Pastor. Danny Kastanya, D.Miss ©. LMC.
Dibantu oleh: Pastor Abraham AH Sumarauw, D.Miss LMC, Pdt. Dr. H. Buce Kolondam, S.Miss ©, Pdt. Daniel Frans, M.Miss ©, dkk.
d/a Jl. Tambak II (AURI) D-4 Pegangsaan, Jakarta Pusat.
Phone: (021) 98276179 / (021) 391 7863.

Sekretariat On Field Study Program (OFSP):
Dr. Bambang Eko Putranto, Th.M., Ph.D., D.Miss, FMC, Pdt. Yohanes Sih Nyoto, S.Miss, M.Miss ©. LMC & Pdt. Stefanus Ngatina, M.Miss.
Tegal Mulyo 441, RT 13/21. Bangun Tapan, Bantul, Jogjakarta.
Phone: (0274) 383854 / 08157925054.


Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: "Allahmu itu Raja! (Yesaya 52:7),
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20).

1 comment:

  1. Jika mau konsultasi sekitar sekolah missi ini, kemana akan saya hubungi yah admin?

    ReplyDelete